Review Minggu Pertama Piala Dunia 2018

Tak terasa hari ini sudah satu minggu Piala Dunia 2018 Russia berjalan. Bagaimana pendapat Anda mengenai kualitas pertandingan seminggu ini? Bagaimana tim jagoan Anda? Masih aman? Berikut review saya minggu ini (tulisan diunggah Kamis sore, 21 Juni jam 6.30)

Statistik Skor dan Gol: Kendati dibuka dengan partai hujan gol saat tuan rumah Russia mengalahkan Arab Saudi 5-0, Piala Dunia Russia 2018 ini agak kering gol. Rata-rata gol per partai di minggu pertama adalah 2.2, yang mana sama dengan Piala Dunia paling “membosankan”, yakni Piala Dunia Italia 1990. Sampai tadi malam, skor paling sering muncul adalah partai 1-0. Total 9 partai (45%) dari 20 partai yang berakhir dengan skor ini. Semoga minggu-minggu berikutnya lebih banyak gol dihasilkan!

  • Jumlah Partai: 20
  • Jumlah Gol: 45
  • Jumlah Gol Rata-rata: 2.2 per partai
  • Skor Paling Sering: 1-0 (45%)

Partai Terbaik:Portugal 3-3 Spanyol. Sepertinya tidak banyak yang berbeda pendapat dengan saya soal ini. Partai pembukaan Group B ini punya semua. 6 gol, permainan cantik tiki taka ala Spanyol versus kecepatan counter attack Portugis, dan tentu saja, momen magis hattrick Cristiano Ronaldo. Kantuk saya yang bangun jam 1 untuk menyaksikan pertandingan ini, mendadak hilang menyaksikan partai rancak nan menawan. Mungkin tak ada partai lebih menarik lagi sampai Piala Dunia 2018 ini usai.

Hasil Paling Mengejutkan:Jerman 0-1 Meksiko. Satu-satunya tim unggulan yang tumbang di minggu ini adalah sang juara bertahan, Jerman. Sedikit yang menyangka, mengingat terakhir kali Jerman kalah di partai pertamanya di Piala Dunia adalah di Piala Dunia 1982. Serangan balik mematikan dari Javier Hernandez dan Hirving Lozano di Babak Pertama cukup untuk menundukkan Der Panser. Walau demikian, masih terlalu dini untuk memprediksi Jerman tersisih dari Grup ini. Biasanya tim ini memiliki staying power yang kuat di Piala Dunia. Jerman masih sangat berpeluang lolos, walau mungkin hanya menjadi runner-up di bawah Meksiko. Di Piala Dunia 1982 tersebut, bahkan Jerman melaju sampai final, sampai akhirnya dikalahkan oleh Italia.

Tim Over Performed:Russia. Siapa yang menyangka tim tuan rumah menjadi tim paling produktif minggu ini? Dalam dua pertandingan pertamanya, Russia menang 5-0 atas Arab Saudi, dan 3-1 atas Mesir-nya Mohamed Salah. Tampil tanpa pemain bintang, Russia tidak dijagokan untuk lolos Group A. Bahkan fans nya sendiri pun meragukan. Banyak kolumnis yang lebih menjagokan Mesir untuk lolos dari grup ini mendampingi Uruguay. Tapi justru Mesir dikirim pulang oleh Russia semalam. Siapa yang salah? Ramos! Hahaha 🤣

Tim Under Performed: Biasanya kategori ini sudah dipersiapkan untuk tim favorit saya, Inggris.. hehehe. Tapi so far Inggris masih meraih poin maksimal (thanks to Harry Kane!). Jadi in a rare turn of events, pemenang minggu ini adalah Jerman, karena satu-satunya tim unggulan yang kalah. Siapa lagi? Ya mungkin, Argentina, dengan ditahan imbang oleh Islandia pada pertandingan pertamanya. Termasuk juga yang under performed pastinya adalah sang mega bintang Messi. Dia menjadi “pesakitan” warga sepakbola di media massa, dengan kegagalannya mengeksekusi penalti yang dijaga oleh mantan Sutradara Video Klip Islandia.

Pemain Terbaik: So far, ya banyak yang menyebutkan Cristiano Ronaldo, dengan 4 gol nya dan kemampuannya menjadi pembeda bagi tim Portugal yang notabene bermain biasa-biasa saja sebagai tim. Tapi kalau disuruh memilih, saya cenderung menjatuhkan pilihan pada Denis Cheryshev dari Russia. Masuk sebagai pengganti Alan Dzagoev yang cedera di menit 24 pada partai pembukaan melawan Arab Saudi, Cheryshev malah sukses mencetak dua gol. Ditambah satu gol semalam saat mengkandaskan Mesir, Cheryshev saya anggap lebih baik daripada Ronaldo, ya karena nobody expects him to be that good. Kalau Ronaldo mah, biasa keleus.

Prediksi Klasemen Akhir Group Stage:

Dengan hasil sampai tadi malam, saya prediksikan klasemen akhir Group Stage akan seperti berikut:

Demikian review saya di minggu pertama, semoga minggu-minggu berikutnya Piala Dunia Russia ini akan menjadi lebih menarik, dan lebih banyak gol!

2 thoughts on “Review Minggu Pertama Piala Dunia 2018

  1. Makasih Jerman masih dimasukkan perhitungan tim ke 16 besar, gw kayanya ragu bisa lolos nih, hiks. Argentina gatot lah ya, gagal total setelah dihajar Kroasia semalam. Inggris, jadi runner-up group? Masa?

    Nice writing bro, keep it up.

    1. Haha makasih brother.

      Jerman.. well never write off Germans, especially in major tournament.

      Argentina.. sangat tergantung Islandia bisa menang apa enggak nanti malam. Kalau menang, most likely bye bye. Tapi kalau gak bisa menang, bakal seru partai terakhir. Siapa yang menang antara iceland nigeria dan argentina yang akan lolos.

      Inggris… flash of brilliance, but mostly mundane. But at least we got result. Lolos lah ke babak kedua, tapi produktivitas gol sepertinya kalah dari Belgia. So runner up ☺️

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s