Konser 30 Tahun The Final Countdown

Siapa yang tak kenal lagu “The Final Countdown”?

Lagu epik dari band rock asal Swedia, Europe, ini pasti banyak yang familiar. Lintas generasi. Sudah sering menghiasi acara-acara penuh kemegahan dan kemeriahan. Final Piala Eropa 1988 salah satunya.

Album yang dirilis tahun 1986 oleh Joey Tempest dan rekan-rekannya ini melambungkan nama Europe menjadi salah satu band rock terkenal saat itu. Intro keyboard yang bagi sebagian pencinta rock mengingatkan pada alunan melodi ala keyboardist legendaris, Keith Emerson, seakan menjadi pengantar untuk lagu dan album terbaik yang pernah diliris oleh Europe.

Di tahun 2016, Europe melakukan konser peringatan 30 tahun dirilisnya album ini di London. Di bagian kedua konser, yang diunggah di YouTube beberapa hari yang lalu, mereka menyanyikan seluruh lagu dari album tersebut dengan urutan yang sama persis dengan di kaset (iya, millenial mana tahu barang ini).

Mendengarkan dari awal sampai akhir (mulai menit 57:46) kita serasa dibawa nostalgia ke jaman SD, SMP atau SMA (tergantung usia lu berapa bro sekarang 😅). Bukan saja lagu-lagu yang populer seperti “Final Countdown”, “Carrie” atau “Cherokee”, tapi kita jadi kembali teringat their less popular song materials di album tersebut seperti “Love Chaser” ataupun ”On the Loose”.

Apalagi line-up asli yang membuat album tersebut semua hadir di konser ini. Joey Tempest (vokal), John Norum (gitar), Mic Michaeli (keyboard), John Leven (bass), Ian Haughland (drums) semua menampilkan aksi terbaik. Kita bisa menyaksikan mengapa John Norum dulu disebut-sebut sebagai salah satu gitaris terbaik Eropa. Atau titisan Keith Emerson dan John Lord begitu kencang mengalir di diri Mic Michaeli. Dan Ian Haughland, yang baru saya sadari setelah menonton konser ini, ternyata drummer yang hebat. Permainannya rapi, tekniknya brilyan tanpa perlu sok pamer kemampuan.

Tapi yang paling membuat saya salut adalah vokal Joey Tempest yang masih sangat prima di usianya yang tidak lagi muda. Kalau kadang telinga kita sakit mendengarkan konser Bon Jovi atau Guns N Roses akhir-akhir ini karena vokal Jon Bon Jovi dan Axl Rose sudah timbul tenggelam, justru vokal Joey di konser ini membuat saya betah menyaksikan sampai selesai.

Ditambah dengan kualitas rekaman gambar dan audio yang cakep menangkap suasana live, video ini mungkin menjadi salah satu video konser terbaik yang saya pernah saksikan di YouTube. Makanya saya bela-belain menulis dan bagikan tautannya. It’s that good.

Segera klik dan saksikan, karena video ini hanya ditayangkan 7 hari oleh Europe di YouTube. Dan coba ceritakan kenangan yang muncul dan impresi Anda terhadap konser apik ini 🤟

2 Comments Add yours

  1. Asli keren emang, Joey vocalnya kagak ada matinyeee ….

    Europe di Ancol, alhamdulillah sempat nonton, walau John Norum waktu itu digantikan Kee Marcello.

    1. ibenimages says:

      Iyaa ya situ sempet nonton.. aku kayaknya masih di Bontang… hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s