Serunya Bermain Off Road di Sentul

Foto Aktifitas Off Road di Sentul

Masih dalam rangka KSI (outing) kantor, pagi ini kita mencoba aktifitas wisata off road di sekitar Babakan Madang (Sentul).

Terus terang, setengah hari kita lewatkan dengan seru. Dikelilingi pemandangan hijau yang indah di sekitar Babakan Madang dan kejadian-kejadian yang seru dan mendebarkan.

Off road ini menggunakan jasa vendor yang spesialisasinya menggunakan mobil jip klasik legenda Land Rover. Setiap jip membawa 7 orang peserta.

Sebelum berangkat, kita berfoto bersama dulu dengan seluruh peserta KSI. Karena ada beberapa yang tidak bisa mengikuti acara ini.

Foto bersama tim HC BTPNS sebelum off roading

Kelompok kami mendapat jip berwarna kuning. Kalau menurut saya paling keren sih. Warnanya memang mengundang perhatian. Saya sempat foto-fotoin detail mobil kita karena kerennya.

Mobil Land Rover kelompok saya

Pada pukul 7.30 pagi kami kemudian berangkat. Dari penginapan di Villa Roso Mulyo, kami turun dulu ke arah Sentul City, untuk kemudian mengarah ke Hambalang.

Jalur off road yang kami lalui ternyata adalah bakal jalan menuju kawasan Puncak 2 Ecopark. Kaget juga melihat alam yang masih hijau dan indah, padahal kita tidak jauh dari Jakarta. Dan hanya beberapa ratus meter dari jalan raya yang sudah penuh bangunan, reklame dan perumahan padat penduduk.

Saya duduk di depan menikmati pemandangan. Ternyata asyik juga yah. Jadi dapat mengerti kenapa orang-orang banyak yang berhobi off road. Selain tantangam melewati jalur sulitnya yang mengasyikkan, ternyata pemandangan yang dilalui pun tak akan bisa dijumpai kalau kita melalui jalan biasa. Hanya saja terbersit dalam pikiran, “berapa lama lagi alam indah ini akan bertahan?”

Sejenak setelah jalan Puncak 2 ini selesai, pastinya komersialisasi di kawasan akan segera terjadi. Hutan hijau dan sawah menguning akan segera hilang tergantikan oleh beton dan tembok. Sedih juga membayangkannya.

Pikiran sedih saya untungnya tidak sempat bersemayam terlalu lama. Karena kami melintasi suatu sungai dangkal berbatu yang sangat photogenic. Seluruh peserta pun dengan riang turun dari jip, dan mengabadikan momen yang langka ini.

Sebagian dari tim HC saya foto di sungai yang kami lintasi

Tapi ternyata puncak kejadian yang mengesankan untuk kelompok kami bukan pada sungai tersebut.

Tapi pada saat jip kami terjebak dalam jalanan lumpur yang dalam. Kami pun harus turun dari jip. Setelah sekian kali supir jip kami berusaha bermanuver mengeluarkan jip dari jalanan. Tapi karena jalanan sudah teranjur “rusak” oleh jejak jip rombongan kami sebelumnya, upaya ini tidak berhasil. Raungan mesin jip yang menggelegar tidak cukup kuat untuk membawa mobil kami keluar. Roda berputar tapi jip tak beranjak.

Bala bantuan pun datang. Mobil jip lain berusaha menolong kita. Tapi ternyata upaya ini pun gagal. Justru mobil jip lain ini ikut terperosok dan stuck di jalur yang sama.

Dua Mobil Landy terjebak 😅

Tapi jadi mengasyikkan melihat cara para off roader mengeluarkan mobil dari hambatan tersebut. Setelah serangkaian percobaan yang gagal, akhirnya satu jip lagi datang untuk menolong. Winch dikeluarkan untuk mengerek dari atas. Hampir satu jam waktu dihabiskan untuk mengeluarkan kedua jip yang terjebak. Untung saja ada warung warga di dekat tempat kejadian, sehingga kami bosa duduk ngopi, ngemil gorengan selama menunggu proses tersebut. Akhirnya kami pun dapat melanjutkan perjalan menuju tempat tujuan akhir.

Betul-betul pengalaman yang unik dan menyenangkan. Silahkan tilik untaian Instagram Reel yang saya buat untuk mendokumentasikan aktifitas hari ini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s