Another Technical Analysis, Anyone?

fifa_world_cup_2006_Banner-RevKetepatan prediksi analisis teknikal ternyata jauh lebih tinggi daripada analisis fundamental di Piala Dunia ini. Paling tidak, itulah kesimpulan dari melihat hasil partai-partai perempatfinal kemarin. 100% prediksi analisis teknikal saya tepat sasaran. Saya sendiri sampai heran. Dan sedikit menyesal. Tim favorit saya, Inggris, jadi ikut-ikutan menjadi ‘korban’ ketepatan analisis ini. Hehehe.

Hal ini membuat saya tergelitik untuk melakukan analisis teknikal kembali, dengan mencermati secara lebih detail sejarah pertemuan dan statistik head-to-head dari keempat tim yang akan bertemu di semi final, Selasa dan Rabu malam ini.

Thanks to FIFA and internet technology, statistik pertandingan pertemuan seluruh tim di dunia bisa kita dapatkan pada situs FIFA Match Database. Berbekal data dari situs ini, berikut saya sajikan analisis teknikal dari dua partai semi final yang menghadirkan empat tim yang seluruhnya merupakan representasi benua Eropa:

Jerman vs Italia: Italia menang.

Luca ToniMaaf pendukung Jerman. Kiprah tim Anda cuman sampai di sini. Paling tidak demikian apabila kita mengacu pada rekor pertemuan ke dua tim sebelumnya. Baik dari rekor di partai-partai Piala Dunia sebelumnya ataupun pada partai-partai resmi FIFA (termasuk pertandingan persahabatan), Jerman lebih banyak K.O. dari tim Azzurri. Bahkan, Jerman belum pernah menundukkan Italia di Piala Dunia. (lihat tabel di bawah). Pertemuan terakhir mereka adalah di partai puncak Piala Dunia 1982 di Spanyol. Italia unggul 3-0 terlebih dahulu melalui gol Paolo Rossi, Marco Tardelli dan Alessandro Altobelli, sebelum Paul Breitner mencetak gol hiburan 7 menit sebelum usai.

Tabel 1. Statistik pertemuan Jerman dan Italia di seluruh turnamen dan pertandingan resmi FIFA (termasuk pertandingan persahabatan):

  Germany (GER) Italy (ITA)
13 Played 13

Tabel 2. Statistik pertemuan Jerman dan Italia di Piala Dunia saja:

 

  Germany (GER) Italy (ITA)
4 Played 4

 

Perancis vs Portugal: Perancis menang.

Semi-final Portugal v France - World Cup 2006Perancis tidak pernah bertemu dengan Portugal di Piala Dunia sebelumnya. Namun menilik dari statistik pertemuan Perancis dan Portugal di seluruh turnamen dan pertandingan resmi FIFA di bawah ini, Perancis layak diunggulkan. Suatu fakta yang sangat menarik: Perancis tidak pernah kalah dari Portugal di pertemuan mereka sebelumnya. Gamblers and hustlers, bertaruhlah untuk kejayaan Les Blues. Melihat aksi Zidane semalam yang benar-benar menghibur saya setelah kekalahan Inggris, bisa jadi ini merupakan akhir karir yang amat manis bagi sang maestro. Long live Zizou!

Tabel 3. Statistik pertemuan Perancis dan Portugal di seluruh turnamen dan pertandingan resmi FIFA (termasuk pertandingan persahabatan):

  France (FRA) Portugal (POR)
4 Played 4

Bagaimana teman-teman? Sependapat? Tidak setuju? Either way, terima kasih atas sambutan dan komentarnya di blog saya ini. Keep them coming, guys! Mumpung Piala Dunia masih belum selesai!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s