Sampai di Moscow!

Setelah 9 jam perjalanan dari Bangkok, sampailah kita di Moscow Domodedovo Airport. Sempat ada drama ketegangan, karena paspor anak saya, Aya, yang bermasalah (karena ternyata ada kesalahan jenis kelaminnya “Male“. Doh). Tapi Alhamdulillah setelah hampir satu jam menunggu, bisa beres urusan.

Kelar urusan, langsung beli kartu telepon (penting), dan ambil tiket pertandingan (lebih penting lagi)

Menyenangkan melihat rombongan supporter dari berbagai negara sampai di Airport dengan mengenakan jersey masing-masing negara. Masih ada lho yang memakai jersey Argentina, padahal timnya sudah balik kampung. Hehehe, mungkin sudah kadung beli tiket gimana dong?

Saya membaca banyak berita soal penyelenggaran Piala Dunia yang baik selama ini di Russia. Tampaknya memang demikian. Di Airport papan petunjuk untuk pengunjung Piala Dunia banyak dan jelas. Apalagi banyak volunteer yang ditugaskan. Mereka ini fasih berbahasa inggris dan sangat ramah.

And, in many cases, cakep lagi 😋

Terima kasih ya volunteers! You guys are awesome!

Oke, saatnya untuk berangkat ke apartment kita di Moscow. Berbekal info dari host apartment, kita meng-install Yandex Taxi app, yang konon lebih banyak armadanya di Russia.

Benar saja, dalam hitungan menit, pesanan mobil van kita untuk ke kota sudah sampai. Biaya dari Domodedovo ke apartment kita di daerah Avtozavodskaya sebesar RUB 1,300 (kira-kira 400 ribu rupiah). Lumayan mahal, tapi karena jauh juga sih dari kota, sekitar 25 km. Tapi dengan adanya app seperti Yandex dan Uber sangat memudahkan. Karena kita nggak perlu repot-repot berbahasa tarzan menunjukkan tempat yang dituju. Maklum di sini nggak banyak yang bisa berbahasa Inggris.

Mengendari taksi yang disopiri secara sembalap (biasa katanya di sini), cukup kaget juga melihat matahari yang masih tinggi. Padahal jam sudah menunjukkan waktu jam 7 (malam).

Akhirnya kita pun sampai di Apartment kita. Yang bikin happy, apartment sebelahan dengan mall yang cukup besar, yang ada hyper market nya. Penting!

Saya, Rafif bersama Andri dan Ari setelah settling down di apartment, segera menyeberang jalan untuk belanja beberapa keperluan di Mall. Hypermarket nya menyenangkan, mirip lah seperti Carefour. Cuman agak susah aja membaca tulisan label-label produknya. Hehehe.

Yah begitulah cerita hari ini. Alhamdulillah sudah sampai di Moscow. Harus istirahat, karena saya dan Aya besok pagi harus terbang ke Nizhny Novgorod, untuk menyaksikan partai perempatfinal Uruguay vs Perancis.

Real World Cup starts now!

Saksikan juga daily vlog saya dalam perjalanan ini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s