Kembali Menunggang Gajah

Atas: gerbang memasuki camp gajah; Bawah: menunggang gajah kedua kalinya

Dalam rombongan kali ini, ada satu anak kecil. Kinan, anak teman saya Sulis, mengajukan permintaan sebelum berangkat ke Bangkok. Dia ingin naik gajah. Hahaha.

Terpaksalah kami-kami yang tua ini berusaha memenuhi permintaannya. Untungnya kami menemukan paket tour ke pasar terapung yang disertakan dengan atraksi menunggang gajah.

Kinan, yang membuat kita semua ikut menunggang gajah. Senang ya sudah kesampaian!

Tempat menunggang gajah ini juga terletak di Damnoen Saduak. Tepatnya di Chang Puang Camp – salah satu tempat penangkaran gajah terbesar di Thailand.

Di sini gajah-gajah dibesarkan di dalam satu perkampungan. Pawang dan pelatih gajah tinggal bersama mereka. Dalam perjalanan menunggang gajah kita sempat melewati perkampungan tersebut. Lucunya para pawang ini tinggal di dalam sebuah gubuk kecil bersama keluarganya. Di belakang gubuk tersebut terletak kandang besar dimana para gajah tinggal. Sayang saya tidak sempat mengambil gambar atau video.

Sesi menunggang gajah ini mengingatkan saya dan Elok saat pertama kali mengalaminya. Sama-sama di Thailand, namun saat itu kami bersama anak-anak menunggang di Ayutthaya. Kota kuno yang sarat dengan peninggalan budaya.

Menunggu giliran melintasi kubangan

Kali ini rute menunggang gajah tidak sejauh yang di Ayutthaya. Kalau dulu mengitari kota, kali ini hanya mengelilingi perkampungan gajah. Melewati kebun kelapa yang menjadi tempat para gajah mandi dan minum. Dan juga melewati kubangan yang cukup dalam. Setengah badan gajah terendam. Elok pun memegang lengan saya erat-erat. Karena guncangan saat menaiki gajah sangat terasa. Gak lucu juga kan kalau tahu-tahu tempat duduk kita meleset dan kita tercebur ke kubangan?

Anyway, pengalaman yang cukup menarik untuk dikenang.

Rute gajah melintasi perkebunan kelapa
Sulis dan Kinan menunggang gajah
Alin dan Elly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s