Man Made Marvel: Gardens by The Bay Singapore

Suasana di dalam Flower Dome dan Cloud Forest

Singapura memang tidak punya sumber daya alam. Tapi mereka punya SDM yang mampu memanfaatkan jejaring mereka menjadi daya pikat yang luar biasa.

Seperti yang kita saksikan hari ini. Di Marina Bay. Tepatnya Gardens By The Bay (GBTB). Atraksi yang baru dibuka tahun 2015 ini menghadirkan pesona alam di tengah belantara gedung bertingkat dan tembok semen.

Berlokasi di sebelah mall dan pusat kasino Marina Bay Sands, GBTB terdiri dari dua buah kubah kaca. Yang pertama bernama Flower Dome. Berisikan beragam bunga dan anggrek warna warni. Yang kedua adalah Cloud Forest. Replika hutan tropis yang umumnya ditemukan di belantara equatorial dunia, seperti Brazil atau Kalimantan.

Dengan sokongan kapital dan jejaring teknologi, Singapura menghadirkan GBTB di tengah-tengah pusat keramaian. Berupa biota artificial di dalam kubah kaca yang mereplikasi ekosistem bunga dan hutan tropis. Lengkap dengan air terjun dan hawa dingin layaknya pegunungan.

Warna warni Flower Dome. Perhatikan alat penyinar UV yang terdapat di hampir semua tanaman. Untuk memastikan kecukupan sinar UV. Canggih!

Saya bukan penggemar bunga dan tanaman. Tapi saya cukup menikmati waktu di sini. Walaupun udara di luar panas, tapi suasana di dalam kubah sejuk. Bunga warna warni terhampar di berbagai sudut. Yang suka untuk fotografi bunga akan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sini. Kalau saya lebih suka mengambil foto suasana, dengan memanfaatkan semburat sinar matahari sunset yang menyinari Marina Bay.

Cantiknya suasana di Flower Dome saat sore hari, dengan Singapore Flyer terlihat di latar belakang

Flower Dome memang menarik. Tapi bagi saya yang lebih spektakuler adalah Cloud Forest. Memasuki area ini, Anda langsung merasa seperti memasuki area hutan tropis yang lembab. Hawa lebih sejuk dari Flower Dome. Mereplikasi pelosok hutan tropis yang lebat. Ditambah dengan curah air terjuan yang terpampang di pintu masuk. Bahkan di beberapa waktu, akan dihembuskan kabut misty yang membuat suasana semakin dramatis. Kena banget suasananya.

Air terjun megah di Cloud Forest
Memandang curahan air terjun buatan dan Cloud Forest dome. Dengan Marina Bay Sands di latar belakang

Di dalam Cloud Forest ini, pengunjung juga diberi kesempatan untuk naik ke Lantai 6. Dari atas sana, kemudian ada trail menggantung yang membawa pengunjung untuk turun sampai level terbawah. Pemandangannya asyik banget. Buat lihat-lihat suasana Marina Bay, atau cuman buat sekedar foto-foto. Berikut beberapa hasilnya:

Suasana di trail Cloud Forest

Untuk masuk ke dua tempat ini kita harus bayar masing-masing SGD20 untuk Flower Dome dan SGD18 untuk Cloud Forest. Tapi apabila beli sepaket, hanya SGD28. Saya sih sarankan untuk beli dua-duanya. Karena suasananya berbeda, dan dua-duanya sebenernya asyik.

Sekali lagi Singapura kembali membuktikan. Tidak memiliki sumber daya alam bukan menjadi penghalang untuk berhasil. Dengan kejelian dan kecemerlangan SDM mereka, mereka bahkan berhasil menarik wisatawan jauh lebih banyak dari negara yang dianugerahi kekayaan alam berlimpah seperti Indonesia. Luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s