Kesan Corona di Puskesmas Cilandak

Suasana Puskemas Cilandak dan Penyerahan Sumbangan Mangewu Masker

Pagi ini saya berkunjung ke Puskemas Cilandak. Letaknya hanya 200 meter dari rumah. Tujuan saya pagi ini untuk menyerahkan bantuan masker kain, yang merupakan kegiatan sosial saya bersama-sama teman angkatan.

Kami mendanai produksi masker kain dari penjahit kecil, yang dalam kondisi pandemi Corona ini mengalami penurunan pendapatan. Dari produksi penjahit kecil ini kami bagi-bagikan ke masyarakat kecil juga. Idenya untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat. Agar dapat mencegah penularan COVID-19 lebih jauh.

Gerakan 5000 Masker. Mungkin ada yang berminat memberikan donasi?

Nah pagi ini saya mengantarkan 100 masker kain ke Puskesmas Cilandak.

Puskesmas Cilandak ini termasuk salah satu Puskesmas yang bagus. Sebelum ada wabah Corona, Puskesmas ini juga selalu ramai. Tapi pelayanannya saya dengar bagus. Paling tidak berdasarkan pengakuan dari Asisten Rumah Tangga saya yang beberapa kali berobat di situ.

Dan pagi ini saat saya mengantarkan masker, saya lihat memang ini salah satu contoh Puskesmas yang sudah siap dengan pandemi Corona.

Pengunjung yang datang diharuskan untuk cuci tangan terlebih dahulu. Sudah disediakan tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun.

Cuci tangan di depan Puskemas sebelum masuk

Lalu tempat antrian dan tempat duduk pun sudah menerapkan social distancing yang baik. Ada marka-marka petunjuk, dan juga tempat larangan untuk duduk di kursi penunggu.

Social distancing para pengunjung dan pasien

Dengan adanya COVID-19, setiap pengunjung wajib diperiksa terlebih dahulu temperatur dan kondisi klinisnya di tenda darurat COVID-19 di luar Puskesmas. Maksudnya adalah untuk membagi-bagi pengunjung berdasarkan gejala. Mungkin bagi yang gejalanya sudah cukup berat akan dipisahkan dari pasien yang lain.

Tenda darurat untuk screening awal pasien COVID-19

Dan yang saya senang adalah seluruh petugas yang ada di Puskesmas, dari satpam, petugas registrasi sampai petugas kesehatan terlihat menggunakan peralatan keselamatan yang memadai. Minimal masker dan sarung tangan. Dan untuk petugas yang memeriksa (dokter dan perawat) saya lihat mereka menggunakan seragam APD lengkap.

Penerima tamu pun siap dengan alat pelindung

Alhamdulillah, paling tidak ini sedikit menenangkan saya. Di tengah banyaknya kabar negatif mengenai penanganan COVID-19 oleh Kemenkes, paling tidak saya sudah melihat adanya kemajuan positif di Puskesmas Cilandak Barat yang dekat rumah kami.

Yak, sekecil apapun itu, setiap hal positif perlu kita syukuri. Ya kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s