Bayar STNK Drive Thru: Gak Ada 5 Menit!

Membayar PKB STNK melalui drive thru Samsat Jakarta Selatan

Tahun lalu saya sempat menulis kemudahan membayar STNK di Samsat Gandaria City. Tulisan tersebut cukup populer diakses di blog ini. Rupanya ritual membayar Pajak Kendaraan Bermotor atau STNK menjadi salah satu urusan yang menarik.

Nah kalau tahun lalu saya merasa pembayaran STNK di sana mudah dan cepat, ternyata tahun ini saya memecahkan rekor lebih cepat. Tidak sampai 5 menit!

Betul. Tidak sampai 5 menit. Itu yang saya alami saat membayar STNK mobil di fasilitas drive thru di kantor Samsat Jakarta Selatan. Yang terletak di Polda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto.

Fasilitas ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore di hari kerja. Kalau hari Sabtu hanya buka dari jam 07.30 sampai jam 11 siang. Anda tinggal masuk dari pintu masuk Polda Metro Jaya yang berada di sebelah Plaza Mandiri. Ikuti saja panah yang menunjukkan jalur ke drive thru.

Syarat-syarat

Nah saat Anda masuk antrian drive thru, terdapat peringatan dokumen apa yang Anda perlu siapkan. Untuk bisa membayar menggunakan layanan ini, berikut syaratnya:

  • Mobil yang STNK nya dibayar harus hadir
  • BPKB asli
  • STNK asli
  • KTP asli

Nah karena seluruhnya harus asli, maka mobil memang harus yang sudah lunas. Karena biasanya kalau belum lunas, hanya diberikan copy BPKB dari bank. Jadi tidak bisa menggunakan layanan ini.

Nah kalau sudah lengkap syaratnya, Anda tinggal mengantri dan menyerahkan dokumen tersebut ke loket. Tidak usah turun dari mobil. Nanti petugas akan memproses dan di layar TV di atas antrian akan muncul jumlah yang harus dibayar.

Pembayaran dengan Kartu

Untuk membayar tidak bisa dengan tunai. Wajib menggunakan kartu. Kartu debit atau kartu kredit bisa digunakan melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) di kios Bank DKI yang ada di lintasan drive thru.

Proses pembayaran dengan kartu: cepat dan aman

Sesaat kemudian saya tinggal menggesekkan kartu dan lalu memasukkan PIN. Voila! Pembayaran pajak kendaraan bermotor tahun ini pun lunas. Tanda bukti pembayaran dicetak dan diserahkan bersama STNK. Selesai.

Sungguh pengalaman membayar yang sangat nyaman. Tanpa perlu keluar mobil, ataupun mengantri di kerumunan orang. Secara di kondisi pandemi seperti ini, kita harus ekstra hati-hati.

Salut untuk layanan Samsat drive thru nya. Ini langkah maju!

2 Comments Add yours

  1. irfan says:

    pembayaran pake debit bca bisa nggak? atau hanya debit bank dki?

    1. ibenimages says:

      Bisa Pak.. asal kartu ada GPN bisa bayar lewat situ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s