Buka Bersama, Tradisi Ramadhan Adi Luhung

Sudahkah Anda buka bersama tahun ini?

Setelah dua tahun Ramadhan berlalu dalam suasana pandemi, tahun ini terasa spesial.

Tempat makan kembali ramai menjelang buka puasa. Jalanan macet efek dari mengumpulnya warga kota yang berusaha pulang ke rumah, atau menuju tempat berbuka.

Di Indonesia, khususnya di daerah urban, Bukber menjadi momen pertemuan yang meriah. Setiap tahun momen ini ditunggu. Seringkali menjadi ajang reuni teman-teman lama yang sudah lama tidak bertemu karena kesibukan masing-masing. Bukber menjadi tradisi adiluhung yang selalu dinanti. Yang hanya terputus dua tahun ini karena pandemi.

Walaupun demikian, frekuensi “Bukber” masih belum kembali ke jaman sebelum pandemi. Salah satu sebabnya adalah karena masih banyak kantor yang menerapkan WFH (work from home). Sehingga tentunya kinat dan jumlah peserta berkurang.

Saya sendiri sudah tiga kali mengikuti Bukber. Yang pertama dengan teman lama eks punggawa band “EnJe”. Kemudian dengan teman rombongan Russia World Cup. Baru terakhir kemarin dengan teman dari ex ABN AMRO/RBS HR.

Menyenangkan. Perlahan hidup kembali normal seperti sebelum pandemi. Kita doakan tidak ada varian baru lagi, sehingga kita bisa menyatakan pandemi ini berakhir. Insya Allah aamiin.

Bukber dengan Anggota tim saya di kantor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s