Mencari Rute Lari di Strava

Lari pagi hari di Singapura kali ini dibantu oleh Strava

Setelah semakin menggemari olahraga lari, saya selalu menyempatkan untuk lari kalau sedang traveling. Entah untuk berlibur, ataupun bekerja.

Sepertinya seluruh trip yang saya jalani enam bulan ini selalu saya isi satu pagi dengan berlari. Jogja, Palembang, Surabaya, Kuala Lumpur, Purwokerto. Dan terakhir ini, Singapura.

Istilahnya, meninggalkan jejak di Strava. Senang aja melihat lintasan merah di peta tanda kita pernah beraktifitas di situ.

Menggunakan Fitur “Search Routes”

Untuk meninggalkan jejak, saya memanfaatkan fitur yang diberikan oleh Strava sebagai subscriber. Yaitu “Search Routes”. Melalui fitur ini, kita bisa mencari rute yang sering dilalui oleh para pengguna Strava. Dan dapat dicari berdasarkan jenis olahraga yang kita mau. Umumnya sih lari (running) dan bersepeda (cycling).

Dan otomatis Strava akan mencari rute yang berada di sekitar kita. Berdasarkan koordinat GPS kita. Dan kita bisa mencari berdasarkan tingkat kesulitan dan jarak.

Di atas adalah contoh tampilan di Strava hang muncul. Anda bisa merubah setting pencarian di icon tiga garis di kanan yang berwarna berbeda. Rute akan muncul secara otomatis. Karena saya tadi berada di Changi Airport, maka rute yang muncul berada di sekitar Changi.

Mengunduh Peta ke dalam Jam Garmin

Nah kalau sudah menemukan rute yang diinginkan, salah satu fitur yang saya sukai juga adalah menyimpan (“Save”) ke dalam jam Garmin saya. Apabila Anda memilih Save di aplikasi Strava terhadap sebuah rute, maka pada sinkronisasi berikutnya dengan jam Anda, maka rute tersebut otomatis sudah diunduh ke jam Anda.

Dengan demikian, saya tinggal melirik jam saya untuk melihat peta dan rute yang saya tempuh. Sangat berguna, terutama pada saat berlari di kota yang Anda kurang familiar.

Apabila Anda menggunakan jam Garmin seperti saya, saat memulai aktifitas berlari, Anda tinggal memilih Run > Course >. Pada jam Anda rute yang sudah diunduh akan tampak. Lengkap dengan jalur, peta dan turn-by-turn indicator.

Tampilan menu memilih route di jam saya Garmin Forerunner 945

Jadilah kemudian saya berlari 10 km di Singapura tadi pagi, mengikuti rute yang saya pilih. Dari hotel di Orchard menuju Fort Canning, Marina, Kallang, Bugis dan kembali ke Orchard. Rute yang lumayan asyik. Karena tidak hanya melewati kawasan turis yang biasa saya kunjungi, namun juga melalui Kallang yang terkenal dengan kawasan masyarakat Singapura berolahraga.

Rute yang saya pilih pagi ini di Strava
Beristirahat sejenak dengan stadion Kallang di belakang

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s