Akhirnya, Fan ID!

Akhirnya hari Jumat lalu saya mendapatkan yang saya tunggu-tunggu: Fan ID.

Ya, Fan ID inilah “kartu sakti” yang diberikan oleh penyelenggara Piala Dunia Russia 2018 kepada pemegang tiket pertandingan Piala Dunia nanti.

Kenapa sakti?

Karena selain dipergunakan sebagai tanda pengenal untuk masuk ke dalam stadion pertandingan, dengan Fan ID ini pemegangnya otomatis mendapatkan visa untuk masuk ke negara Russia. Kita tidak perlu lagi mengurus visa di kedutaan besar Rusia. Cukup dengan menunjukkan ID ini, Insya Allah petugas imigrasi sudah memperbolehkan kita masuk. Konon memang, sebelum Fan ID diterbitkan, setelah kita melakukan registrasi, pihak negara Russia sudah melakukan screening terhadap pembeli tiket. Oleh karenanya, kita diminta untuk menunggu sampai status Fan ID kita di “approved“.

Saya terus terang agak terlambat mengurus Fan ID ini, karena paspor yang mendekati masa expired, jadi saya putuskan untuk memperbaharui paspor dulu sebelum mengurus Fan ID. Jadi cukup deg-degan juga karena dibutuhkan waktu 1 bulan sampai Fan ID selesai dan dikirimkan melalui agen visa VFS Global.

VFS Global?

Betul, agen ini yang ditunjuk untuk mengurus masalah administrasi Fan ID. Jadi tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor Kedubes Russia atau melampirkan berbagai macam dokumen. Mengurus Fan ID cukup apply online, dan mengunggah foto berlatar belakang putih dan mengisi formulir elektronik yang simple. Akhirnya, minggu lalu saya mendapat pemberitahuan bahwa Fan ID saya sudah dikirimkan ke perwakilan VFS Global di Jakarta, untuk diambil. Alhamdulillah.

Oh ya, “kesaktian” lain dari Fan ID ini juga adalah memberikan kita fasilitas transportasi kereta gratis dari dan menuju kota-kota tempat penyelenggaraan. Syaratnya kita harus memiliki tiket pertandingan di kota tersebut. Sebetulnya sangat lumayan, tapi karena saya mengurus Fan ID nya agak terlambat, saya sudah kehabisan jatah kereta gratis, kecuali satu trayek dari Nizhny Novgorod ke Moskow. Nasib.. tapi tak apalah.

Yang jelas memang ini terobosan dalam pengelolaan event olahraga raksasa seperti Piala Dunia. Memudahkan pengunjung untuk mengurus visa masuk ke negara penyelenggara. Mungkin ke depannya, metode seperti ini akan menjadi standar. Which is great.

Russia, here we come! 🇷🇺

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s