#10YearsChallenge – Facebook Profile Picture

Artikel di bawah ini saya tulis tepat 10 TAHUN yang lalu. Saya malah diingatkan oleh app Timehop pagi ini. Saya sendiri sudah lupa pernah nulis ini.

Tapi setelah saya baca-baca, sepertinya masih relevan dengan kondisi saat ini. And it’s kind of fun to share again.

Tipe yang manakah Anda saat ini? Berbedakah dengan tipe Anda 10 tahun yang lalu? Coba lihat di album ‘Profile Picture’ Anda di Facebook, dan cari yang di-upload tahun 2009. Monggo kalau mau di upload di Comments.

Saat ini saya tipe 7 (“Hobbyist”). Saat sedang golf swing. Gak berubah memang dengan profile picture saya sebelumnya. Bedanya saat ini sudah bisa pasang profile picture dalam bentuk video.

Dalam beberapa tahun terakhir, tipe 1 (“Narsis”) masih mendominasi. Apalagi dengan semakin pesatnya teknologi selfie dan beauty mode. 10 tahun lalu front facing camera di HP masih belum ada.

Tipe 3 (“Fanboy”) juga masih lumayan marak. Kalau dulu junjungannya Obama, sekarang selera sudah lebih lokal, walau kadang nyebelin. Maklum musim kampanye Pilpres ☺️

Pasti ada juga dong yang beralih dari Tipe 1 ke Tipe 6 (“with other half”) atau malah Tipe 2 (“Family”) – masak masih jomblo aja cuy? 🤣 (maaf yang tersinggung)

Tapi yang jelas, sudah 10 tahun ini, masih ada lho yang di Tipe 3 (“Fanboy”) tim kesayangannya masih belum juara juga! Ooops, sorry guys. You know who you are 🤭

Anyway, berikut tulisan lengkapnya. Selamat ber-refleksi!

10 TIPE PROFIL FACEBOOK YANG MANAKAH ANDA? (posted originally on 21 January 2009)

1. Tipe Narsis. Jelas dong, foto close up diri dengan senyum manis dan lagak ‘jaim’. Yang pasang foto seperti ini biasanya mengharapkan teman lama menyapa di Wall, “Eh tambah cantik/ganteng aja nih..”

2. Tipe Family Person. Yang dipajang foto anaknya atau foto keluarga segambreng (yang kadang bikin thumbnail view nya musti dengan kejam ‘memotong’ anggota keluarga lain menjadi tak terlihat).

3. Tipe Fanboy. Nah profil tipe ini bisa dilihat dengan menampilkan produk atau tokoh kegemarannya. Ada juga yang menampilkan logo tim sepakbola kesayangannya (walau tim ini konon 19 tahun belum jadi juara liga lagi.. Pisss). Yang lagi nge-trend adalah pasang foto dan status yang berhubungan dengan ‘Obama’

4. Tipe ‘I have been here, How About You?’. Bisa tebak dong? Ini orang yang memajang foto dirinya saat sedang berkunjung ke suatu tempat yang unik dan patut dibanggakan. Biasanya sih tempatnya di luar negeri 🙂

5. Tipe Artistik. Merupakan pengembangan dari tipe narsis. Tapi orang dengan profil seperti ini berusaha ‘mengutak-atik’ foto profil dirinya dengan program sejenis photoshop dan voila! Jadilah sebuah karya seni! (clue: konon orang yang berprofil seperti ini kurang percaya diri dengan wajah aslinya, sehingga degan sentuhan photoshop paling tidak fokus teralihkan ke sentuhan seninya. Hehehe)

6. Tipe With Other Half. Foto profilnya sedang ‘berduaan’ dengan pasangan. Biasanya sih pasangan ‘resmi’. (Iya lah gila aja! Facebook gitu loh!). Profil ini memiliki fungsi lain untuk mengusir FBers iseng suka ngajak kenalan atau ‘poke’ terselubung. “I am taken, honey!”

7. Tipe Hobbyist. Tergantung hobinya, foto profilnya akan menunjukkan si empunya profil sedang melakukan aktivitas hobinya. Yang suka naik sepeda (lagi trend nih), pasti berfoto dengan sepeda lengkap dengan atribut kebesarannya. Yang suka golf, typical fotonya adalah foto lagi swing. Yang suka fotografi, foto klasiknya adalah foto ‘face-off’. Maksudnya wajahnya ditutupi sama kamera kesayangannya. Pose motret gitu loh! Namanya juga fotografer. (walaupun enggak jelas siapa yang moto)

8. Tipe Romantika Jadul. Nah yang ini lain lagi. Foto yang ditampilkan adalah foto yang bersangkutan di masa lampau. Mungkin mereka yang pasang foto ini berharap dengan memasang foto mereka semasa sekolah atau kuliah akan memudahkan teman-teman lawasnya untuk mengenali. Maklum, hal ini kemungkinannya karena dua hal: (1) badan sudah melar, atau (2) rambut sudah habis. 🙂

9. Tipe Karyawan Teladan. Foto profilnya saat sang empunya sedang pakai baju seragam atau foto di depan plang kantor tempatya bekerja. Kalau saya melihat karyawan kantor saya memasang profil seperti ini, sebagai orang HRD pasti akan saya sayang. Itu namanya employee engagement!

10. Tipe Sayang Binatang. Nah kalau lihat foto kucing atau anjing dipajang sebagai profil FB, jangan kaget dulu. Bukan berarti jaman sudah edan, kucing juga ikut-ikutan FB. Tapi karena empunya profil konon sayaaaang banget dengan binatang piaraannya. Moga-moga bukan karena sudah lama men-‘jomblo’ terus masang foto binatang piaraannya ya? Soalnya, kalau sudah punya pacar (resmi) biasanya masuk ke kategori profil ke 6. Hehehe…

PS: buat yang merasa tersentil dan tersinggung maap yaaa. Ini kan cuman refleksi dari fakta. Saya juga masuk ke 3 atau 4 kategori kok! Peace!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s