Hasil Survei Singkat Calon Presiden Indonesia 2014

Siapakah Presiden Pilihan Anda: Jokowi atau Prabowo?
Siapakah Presiden Pilihan Anda: Jokowi atau Prabowo?

Pada hari Selasa tanggal 20 Mei 2014 kemarin, saya iseng-iseng membuat survei singkat untuk mengetahui pilihan dari teman-teman di lingkaran saya dalam Pemilu Presiden Indonesia 2014 mendatang. Hal ini saya lakukan setelah kedua pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Jokowi – Jusuf Kalla dan Prabowo – Hatta Rajasa) mendeklarasikan pencalonannya satu hari sebelumnya.

Terus terang, survei ini dilakukan karena rasa ingin tahu saja, karena setelah Pemilu Legislatif usai, adu posting, adu sharing tautan berita dari teman-teman saya di social media terlihat semakin “memanas”. Pro dan kontra terhadap kedua kandidat Presiden semakin banyak bermunculan, yang sayangnya, diwarnai dengan “black campaign” yang menjurus ke isu agama, fitnah ataupun celaan fisik.

Tapi terlepas dari itu, setelah Pemilu Legislatif usai, saya mengamati ada pergeseran opini di kalangan teman-teman lingkaran saya. Kalau sebelumnya sepertinya Jokowi bakalan melenggang mulus ke Kursi RI-1, akhir-akhir ini malah justru nama Prabowo yang merangkak naik popularitasnya. Oleh karena itu hasil survei ini menjadi menarik. Apalagi respon dari teman-teman cukup meriah. Target mendapat responden lebih dari 100 terlampaui. Yeay!

Metodologi Survei dan Responden

  • Survei ini dilakukan menggunakan layanan survei elektronis www.surveymonkey.com.
  • Responden mendapatkan informasi untuk mengikuti survei dari link yang saya sampaikan di Facebook, Twitter, Path, ataupun group di Whatsapp dan BBM (eksis banget ya saya? hehehe).
  • Survei dilakukan dari hari Selasa, 20 Mei 2014 dan ditutup pada hari Jumat, 23 Mei 2014 pukul 23.59.
  • Ada dua pertanyaan yang diajukan:
    • Pertanyaan 1: Siapa Calon Presiden-Wakil Presiden Pilihan Anda?
    • Pertanyaan 2: Bagi Anda yang menjawab Golput (atau yang kurang puas dengan pasangan di atas), siapa sih Capres-Cawapres yang ideal menurut Anda?
  • Terdapat 122 suara yang masuk. Namun setelah saya melakukan penelaahan IP address, ada 2 suara yang “double”  karena dimasukkan dari IP address yang sama dalam waktu berdekatan. Sehingga saya secara manual harus hapus, dan dengan demikian hanya 120 suara “sah” yang masuk (weleh sudah kayak panitia Pemilu aja)
  • Responden dari survei ini hampir bisa dipastikan adalah teman-teman dari lingkaran social network saya. Yang kalau saya coba beri gambaran sedikit adalah responden dengan ciri-ciri sebagai berikut:
    • Usia antara 25 – 45 tahun
    • Kelas menengah atas
    • Berpendidikan minimal S1
    • Cukup aktif dalam social media atau melek internet
    • Sebagian besar tinggal di Jakarta, dan yang lain dari kota besar Indonesia. Ada juga yang memilih dari luar negeri.

Hasil Survei 

Pertanyaan 1: Siapa Calon Presiden-Wakil Presiden Pilihan Anda?

Survey Presiden RI 2014
Jokowi Presiden RI terpilih?
  • Dari 120 responden, 81 orang (67.5%) memilih pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.
  • Hanya 25 orang (20.8%) yang memilih Prabowo-Hatta.
  • Lebih sedikit lagi adalah teman-teman yang sudah mendeklarasikan diri untuk tidak memilih, alias golput, yakni 14 orang (11.7%).

Pertanyaan 2: Bagi Anda yang menjawab Golput (atau yang kurang puas dengan pasangan di atas), siapa sih Capres-Cawapres yang ideal menurut Anda?

Dari 14 orang pemilih Golput, berikut komentar yang mereka sampaikan:

  • 4 orang tidak tahu siapa Capres-Cawapres ideal menurut mereka. Ini golongan sudah apatis, wis lah sakarepmu wae. Aku rapopo. 
  • Ada 6 orang pendukung Jokowi yang akhirnya memilih Golput karena tidak setuju Jusuf Kalla menjadi Cawapres. Hal ini terlihat dari usulan mereka yang mendambakan Jokowi untuk berpasangan dengan Gita Wiryawan, Sri Mulyani, Mahfud MD, Risma ataupun Rizal Ramli.
  • Dahlan Iskan, Anies Baswedan, Mahfud MD dan Iben (ya, saya sendiri!) adalah nama-nama yang disebut lebih dari 2 kali oleh para Golputers ini untuk menjadi Capres dan Cawapres. Nama saya ada di dalam ini merupakan suatu kehormatan, karena paling tidak saya disebut lebih banyak dari Rhoma Irama (siapa juga yang percaya kalau saya dicalonkan ini serius hahaha)

Dan ternyata ada 4 orang pemilih Jokowi yang kurang puas dengan terpilihnya Jusuf Kalla Cawapres. 4 orang ini mengusulkan Gita Wiryawan, Agus Marto, Sri Mulyani, bahkan Prabowo sendiri untuk berpasangan dengan Jokowi memimpin negeri ini. Tapi paling tidak 4 orang ini masih bisa menerima Jusuf Kalla sebagai Cawapres, walaupun tidak ideal.

Menariknya dari 25 orang pemilih Prabowo tidak ada yang menulis Cawapres ideal mereka. Entah karena puas dengan pencalonan Hatta Rajasa, atau karena yang dilihat hanya sosok Prabowo saja, sedangkan Cawapres nya nggak ngaruh kali?

Kesimpulan

Okay, setelah membaca hasil ini, apakah berarti Jokowi akan menjadi Presiden RI terpilih?

Ya tentu tidak.

Karena survei ini sample nya sangat terbatas. Dan yang disurvei pun hanya kalangan strata sosial dalam lingkaran pertemanan saya. Respon dari pemilih level grass root bisa jadi jauh berbeda. Namun paling tidak dari survei ini keingintahuan saya lumayan terjawab: walaupun semakin banyak saya baca dukungan dan ‘kampanye via social media’ mengenai Prabowo, ternyata Jokowi masih unggul mutlak dalam pilihan teman-teman saya ini.

Dan saya sadar, seperti juga disampaikan salah satu teman di Facebook yang mengomentari survey ini, bahwa polling atau jajak pendapat seperti ini sifatnya tidak tetap. Diusulkan agar survei ini dapat dilakukan secara berkala, sehingga terlihat pergeseran pilihan seiring dengan dinamisnya peristiwa dan opini yang berkembang menjelang 9 Juli 2014 nanti.

Bagaimana? Kapan-kapan kita survei lagi? Saya sih siap saja. Sementara itu silahkan sampaikan komentar ataupun usulan perbaikan untuk survei mendatang. Terima kasih atas partisipasinya. Apapun pilihan Anda, mari kita semua berdoa aemoga Indonesia akan mendapatkan Pemimpin yang amanah dan mampu membawa Indonesia menjadi negara yang sejahtera, adil dan makmur sesuai dengan cita-cita Undang Undang Dasar 1945. Aamin.

Advertisements

7 thoughts on “Hasil Survei Singkat Calon Presiden Indonesia 2014

  1. 🙂
    Baru kali ini aku seneng ngebaca hasil riset karena kemasan bahasanya ringan 😛

    Tapi aku ga ikutan tuh surveinya mas kemarin, next survei deh kalo pas lagi liat di news feed, aku melu ngisi! 😀

    1. Galuh terima kasih ya apresiasinya… Ditunggu partisipasinya di surveu berikutnya akhir bulan ini 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s