Menuju Piala Dunia 2018: Power Ranking Juara Dunia

Kalau Anda ditanya, “Siapakah negara yang paling jagoan di Piala Dunia?”

Jawaban paling umum pasti adalah Brazil atau Jerman. Karena hanya dua negara inilah yang pernah merebut gelar “Juara Dunia” sampai 4 kali atau lebih. Brazil the penta-champeone (lima kali), terakhir kali juara tahun 2002. Sedangkan Jerman merebut titel ke empatnya di tahun 2014 lalu.

Namun ternyata kalau dilihat konsistensi prestasi dari penyelenggaraan Piala Dunia sejak 1982 (again, I started from this period, because I first followed World Cup from this year. Jadi maaf ya..), dua negara yang paling jagoan adalah Jerman dan Italia.

Jerman, juara empat kali sekaligus juara bertahan di Piala Dunia 2018

Kok bisa?

Begini analisis saya:

Minggu lalu saya iseng-iseng nengokin website FIFA.com, untuk melihat statistik Piala Dunia. Banyak statistik menarik yang bisa dianalisis dari data ini, dan saya paling demen analisis beginian. Tapi hasil analisis lain saya sajikan di minggu-minggu depan saja. Kali ini kita fokus pada statistik pencapaian prestasi negara sebagai 4 besar di setiap turnamen Piala Dunia.

Saya mengumpulkan data negara-negara yang menjadi paling tidak semifinalis, dan kemudian memberikan power ranking points untuk pencapaian mereka sebagai berikut:

  • Juara Dunia – 10 points
  • Juara II – 6 points
  • Juara III – 4 points
  • Juara IV – 2 points

Nah dengan points ini kemudian ditotal points keseluruhan prestasi negara pada setiap penyelenggaraan Piala Dunia dari tahun 1982 sampai dengan 2014. Berikut tabel lengkapnya:

Yang kemudian menghasilkan Power Rankings Piala Dunia sebagai berikut:

Nah beberapa analisis yang dapat disimpulkan dari Power Ranking di atas:

  • Jerman benar-benar membuktikan sebagai tim spesialis turnamen. Dari tahun 1982, hanya dua kali Jerman gagal menjadi semi finalis, yakni di tahun 1994 dan 1998. Dengan kata lain 77% Jerman masuk semi final. Ajegile, benar-benar konsisten! (no wonder my brother always mock me – he has the bragging right!)
  • Dari tahun 1982 sampai 2014, tidak ada penyelenggaraan Piala Dunia tanpa Jerman atau Brazil sebagai semifinalis. Nah kalau lihat data historis seperti ini, kalau mau menjagokan 2 negara di Piala Dunia mendatang, pilih Brazil atau Jerman. Insya Allah salah satu atau keduanya masuk semifinal!
  • Italia ternyata, bukan Brazil, tim yang menduduki peringkat 2 dalam Power Rankings. Walaupun sama-sama tampil 4 kali di babak empat besar pada periode ini (44%), Italia sedikit lebih baik dalam pencapaian. 2 kali Juara Dunia, 1 kali Juara II, dan 1 kali Juara III. Sedangkan Brazil 2 kali Juara Dunia, 1 kali Juara II, dan 1 kali Juara IV. Sayangnya, kemungkinan besar Italia akan tergeser oleh Brazil di Power Ranking, karena Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, dan merunut sejarah, Brazil berpeluang besar lolos ke semifinal!
  • Piala Dunia akrab dengan hegemoni tim-tim besar langganan Piala Dunia. Tercatat dari 9 kali penyelenggaraan, Juara Dunia didominasi muka lama: Jerman, Italia, Brazil dan Argentina. Bahkan untuk tiga tim pertama, mereka dua kali jadi Juara Dunia pada periode ini. Juara baru hanya muncul pada Perancis di tahun 1998 dan Spanyol di tahun 2010.
  • Argentina dan Perancis sama kuat dalam Power Rankings.Mereka sama-sama menjuarai Piala Dunia satu kali dalam periode ini (Argentina-nya Maradona 1986 dan Perancis-nya Zidane 1998), namun Argentina dua kali jadi runner-up, sementara Perancis walau lebih sering masuk babak empat besar 3 kali, namun hanya 1 kali jadi runner-up (tragedi tandukan Zidane), 1 kali jadi juara III dan 1 kali peringkat empat.
  • Siapa yang menjagokan Belanda? Siap-siap ngenes dan sedih. Selain nomor buncit di urutan Power Rankings, tim oranye juga dipastikan tidak dapat menambah poin. Mereka menemani Italia dan para fansnya untuk menyaksikan perhelatan akbar ini dari bangku penonton! Eeiii kesian.

Demikian ulasan Piala Dunia minggu ini, sampai ketemu Senin depan!

2 Comments Add yours

  1. Mantab! (pakai B)

    Analisa yg keren, walaupun bukan karena analisa itu gw pegang Jerman dari lahir (lebay)

    Belanda disebut, kok Inggris gak disebut sama sekali sih, curang nih hihihi..

    Deutschland über alles!

    1. ibenimages says:

      Inggris skornya 0, kosong, zero, karopo. Wong gak pernah masuk semifinal dari tahun 1982 cobak! 😡😔😭

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s