Menjajal East Coast Park Trail

East Coast Park Trail yang Menawan

Dalam perjalangan dari Changi ke kota dua minggu yang lalu, kita melintas kawasan East Coast. Saat itu Minggu sore, dan dari jendela taksi terlihat di kejauhan banyak orang jogging dan bersepeda di pinggir pantai.

Saat itu saya janjikan ke Rafif kalau nanti kita gowes ke sana.

Dan baru kemarin, niat ini terlaksana.

Mampir di Clarke Quay, berhenti untuk membeli perbekalan, dan menikmati pemandangan sekitar National Stadium dan Kallang River

Awalnya sih lebih ambisius, ingin mengikuti rute East Coast Park loop yang mengitari Bandara Changi dan kembali lagi ke Kallang. Sejauh 42 km.

Trayek ini termasuk ke dalam Park Connector Network (PCN) yang menghubungkan taman-taman publik di Singapura. Pemerintah (Dinas Pertamanan lah di DKI Jakarta), membangun jalur khusus sepeda dan jogging track di sini. Lengkap dengan lampu dan fasilitas rekreasi dan P3K. Mantap banget dah.

Titik Start East Coast Park
Mirip Bali atau Ancol? Hehehe

Tapi ternyata gowes di East Coast lebih berat dari tempat lain. Penyebabnya tidak lain adalah angin pantai. Bersepeda melawan arah angin itu berat, Jenderal. Jadi 15km di sini berasa seperti dua kalinya. Hahaha.

Untungnya pemandangannya bagus. Mirip Bali. Eh, lebih mirip Ancol sih 😅.

Tapi lumayan lah untuk kita stop dan foto-foto. Suasananya sedang ramai. Karena sedang public holiday, pengganti Idul Adha yang jatuh di hari Minggu.

The Dynamic Duo
When you attire match with your Brompton, you got to do selfie!
Superman is on the beach

Karena banyak berhenti untuk foto-foto, dan juga karena kita agak kesorean mulai gowesnya, kita jadi kemalaman. Sampai di Changi waktu sudah menunjukkan pukul 9 malam.

Di Changi National Service Camp, ujung perjalanan
Foto di East Coast Park trail di saat malam

Akhirnya kita memutuskan untuk menghentikan ambisi kita melakukan loop. Bisa-bisa masuk angin. Atau dijambret. Hehe enggak sih, kalau masuk angin lebih mungkin di Singapura ☺️

Jadilah kita mengikuti panduan aplikasi Bike Map untuk kembali ke tengah kota. Kali ini tidak dengan gowes, tapi naik MRT. Naik dari Stasiun Tanah Merah, turun di Bugis. Sambil menggotong sepeda lipat kita yang masih lumayan berat.

Melewati underpass di dekat Tanah Merah, dan saat naik MRT pulang ke kota

East Coast Park Loop, ku akan kembali. Nanti janji lengkap satu putaran ☺️

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s