Bandara Hijau Blimbingsari, Simbol Progresif Banyuwangi

Atas: Check in counter, Tengah: Apron dengan pemandangan Gunung Ijen di latar belakang, Bawah: toilet mewah sekelas hotel berbintang

Sebetulnya saya sudah tertarik dengan Bandara Blimbingsari ini saat pertama mendarat di Banyuwangi. Tampak luar, walaupun kecil, Bandara ini terlihat cantik.

Tapi saat kemarin hendak kembali ke Jakarta, baru bisa melihat secara detil keunikan Bandara ini.

Hal pertama yang saya notice adalah tulisan “Check In Counter” besar pada dinding hall check-in. Desainnya berkelas. Boleh juga nih.

Gate menuju apron

Dan saat masuk saya ke dalam ruangan, saya baru sadar Bandara ini tidak berpendingin udara. Tapi tidak terasa panas karena dindingnya berupa sekat-sekat kayu yang memungkinkan udara luar masuk. Tambahan lagi udara Banyuwangi yang lagi dingin karena sering turun hujan.

Ternyata memang Bandara Blimbingsari yang punya kode airport “BWX” ini adalah green airport pertama di Indonesia. Didesain minim energi dengan tidak berpendingin udara.

Tempat menunggu dengan kolam ikan minimalis

Tidak hanya hijau, Bandara yang mulai dibangun tahun 2010 saat Bupati Azwar Anas mulai menjabat ini menunjukkan semangat progresif Banyuwangi saat ini. Toilet dibuat semewah hotel berbintang. Kursi tunggu di atas kolam minimalis dengan pemandangan indah ke apron pesawat dan Gunung Ijen. Lalu socket power yang tersembunyi dalam desain arm rest kursi ruang tunggu. Detail kecil namun menunjukkan desain yang mengacu kemajuan jaman.

Socket power yang tersembunyi di kursi ruang tunggu

Lambang kemajuan yang luar biasa bagi Banyuwangi dalam 8 tahun terakhir. Seakan tak mau tertinggal oleh tetangganya yang sudah lama mendunia. Maju terus Osing!

Bangga dengan kemajuan bangsa ini. Lanjutkan Pak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s