Kontrasnya Wall Street

Hari terakhir di New York, masih ada satu spot yang belum saya kunjungi. Well, sebetulnya masih banyak sih, secara New York is such a big city. Banyak sekali iconic places and point of interests yang kerap kita lihat di referensi populer atau film-film Hollywood.

Tapi yang satu ini mah bagi saya wajib kunjung. Atau at least wajib lihat. Daripada penasaran. Terutama karena sudah lama kan berurusan dengan jalan yang satu ini? Kiblat pasar modal dan keuangan dunia. Acuan profesional keuangan dari sisi produk dan peraturan. Di mana keberhasilan dan keserakahan tipis jaraknya. Cerita sukses berseling dengan kisah tragis.

Pintu belakang NYSE yang terkenal
Pintu NYSE yang berdekorasi Natal, menampilkan harga saham big caps pada hari ini

Dalam perjalanan menuju ke sini, sembari menaiki NY Subway yang tidak bisa dibilang modern dan bersih, saya merasa takjub akan kota ini. Mungkin di Metro line ini, setiap hari berdampingan Investment Bankers berpenghasilan puluhan bahkan ratusan milyar per tahun, dengan pengamen bersuara lembut yang mencari kepengan dollar untuk makan. Kesenjangan penghasilan tertinggi di dunia mungkin terjadi di sini.

Mungkin begini kalau saya jadi professional di Wall Street, setiap hari pulang naik NY Subway
My loved ones di stasiun Wall Street

Tapi itulah New York. Kota yang kontras. Di satu sisi menjadi kiblat modernitas keuangan dunia, namun di berbagai sudut hanya menerima uang tunai. Kontras. Sekontras risk and return yang menjadi paham utama pialang Wall Street.

Berpose dengan lampu warna warni Natal di depan NYSE
Elok dan anak-anak di depan gedung NYSE
Untuk bisa foto dengan Raging Bull ini, para turis harus rela ngantri 30 menit lebih. Ya kalau bisa dapat clean shot. Ini masih banyak photo bomb. So we skipped the line, and took wefie instead. Haha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s