Kulineran Semarang: Nasi Goreng Babat Pak Karmin Berok

Suasana dapur dan warung makan Nasi Goreng Babat Pak Karmin Berok

Berkunjung ke Semarang, tentu tidak lengkap apabila tidak menikmati kuliner khas kota ini.

Salah satu yang khas dan legendaris adalah nasi goreng babat. Dan yang paling terkenal dan laris tentunya Nasi Goreng Babat Pak Karmin.

Berlokasi di Berok, atau tepatnya dekat Kota Tua Semarang, Nasi Goreng ini banyak sekali peminatnya. Bukan hanya para turis klangenan seperti kita, tapi juga warga Semarang sendiri.

Tempat duduk di bawah tenda utama sudah agak penuh. Walau masih menyisakan tempat duduk, kami memilih tempat duduk di luar. Di pinggir kali yang menyusuri Kota Tua Semarang. Karena Kawasan Kota Tua saat ini sudah dibenahi dengan cantik, kalinya pun bersih. Jadi duduk di pinggir kali serasa duduk di promenade kota-kota Eropa. Hehehe jauh sih. Tapi tetap saja nyaman kok.

Elok duduk menunggu nasgor babat di samping kali Kota Tua

Saat kami pesan nasgornya, kami harus mengantri cukup lama. Ada 30 menit mungkin menunggu. Karena ternyata orderan lewat Gojek dan Grab juga banyak. Tidak terlihat banyak orang yang duduk, tapi sekali angkut, Mang Gojek bisa membawa 5-6 bungkus. Gimana nggak lama?

Tapi penantiannya cukup terbayar dengan hadirnya nasgor legendaris ini. Bagi yang kurang suka manis, mungkin akan mendapati nasgor ini agak manis. Apalagi kalau pesannya tidak pedas.

Tapi bagi saya, citarasanya sih enak. Babat gongsonya digoreng kering dan gurih. Ditambah telor dadar yang sudah termasuk dalam porsi. Usai sudah kerinduan untuk menikmati si nasgor legendaris.

Nasi goreng babat Pak Karmin
The legendary Pak Karmin sedang duduk menghitung duit.. eh.. berapa yang harus kita bayar 🤣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s